Color Wipe

Senin, 24 September 2012

Cara Menginstall Modem Smartfren CE682 di Ubuntu

Hai sob, kenalin nih namaku Dandik. Saat ini, sedang menyelesaikan Semester Akhir di Politeknik Negeri Jember, dengan mengambil Jurusan Manajemen Informatika.

Akhir2 ini, semenjak aku menggunakan Modem SmartFren CE682, aku mulai senang dengan Layanan Jaringan dari Smartfren, yang koneksinya s
elalu stabil, dan apabila dipake buat download, juga memuaskan.

Laptopku saat ini ACER Aspire 4715Z, menggunakan Dual Os, yaitu Windows 7 dan Ubuntu 11.04 yang selalu aku update terus hingga saat ini. Meskipun, sekarang sudah keluar edisi terbaru dari Ubuntu, aku masih betah menggunakan versi Ubuntu 11.04. Karena lebih cocok dalam hal performa dan easy user interface ketimbang versi terbaru. Itu menurutku nggak masalah, yang penting selalu aku sempetin untuk update minimal tiap 3 bulan hingga saat ini.

Oh ya, semenjak aku menggunakan Modem Smartfren sebulan lalu, bingung rasanya mau menginstall di Ubuntu. apalagi aku masih pemula di OS ini.
Berkat Google, dengan cari kesana kemari, sebenarnya banyak referensi tentang Bagaimana Cara Menginstall Modem Smartfren di Ubuntu, namun sebagian besar susah kupahami.

Dan Akhirnya, saat ini juga, Pada 24 Sept 2012, Senin pagi jam 1:20. Aku telah menemukan Tutorial yang telah berhasil menginstall Modem Smartfren ini. Dan saat itu juga, aku langsung bagikan caranya disini.

Sebelum mulai mensetting modemnya, kita membutuhkan tool untuk menjalankan modem ini, tool yang dibutuhkan adalah beberapa library tambahan dan tentunya wvdial itu sendiri, berikut daftar tool yang dibutuhkan :

Klik disini untuk mendownload kesemua paket tersebut. Setelah selesai mendownload file diatas, ektrak download .zip nya, taruh semua file di /home supaya mudah, setelah itu buka terminal, lalu pindah ke direktori home dimana file .deb disimpan tadi, untuk pindah ke direktori home dengan perintah seperti ini :

Nah, namauser diatas adalah nama user sobat.


setelah masuk kedirektori home ketik perintah "ls" (tanpa tanda petik) untuk melihat daftar file apa saja yang ada didalam direktori home. disitu terdapat file download yang udah di ekstak tadi. Lalu install file tersebut dengan perintah berikut ini :

perintah diatas akan menginstall semua file .deb yang ada pada folder /home.
Setelah file yang dibutuhkan sudah terpasang di ubuntu sobat, sekarang kita setting modemnya lewat terminal.

Langkah selanjutnya,
Cara Setting Modem Smartfren CE682 di Linux Ubuntu :
1. Pertama colokkan dulu modemnya.
2. Kemudian buka terminal (star >> accessories >> Terminal ) /jika sudah berada di terminal, skip aja langkah kedua ini.
3. Masuk sebagai root, dengan mengetikkan perintah : sudo -i
4. Lalu ketikkan perintah : lsusb [ini untuk me_list daftar usb]



Maka akan mucul Daftar List USB seperti dibawah ini :

Nah, pada tulisan diatas yang saya beri tanda <--------- , itulah vendor dari modem Smartfren CE682 yang akan kita setting. Disitu terdeteksi sebagai CD-ROOM,bukan sebagai modem, yaitu Bus 005 Device 003: ID 201e:1023. Agar terdeteksi sebagai modem kita harus melakukan eject pada list usb vendor tersebut.
5. untuk meng-eject nya, ketikan perintah : sudo eject /dev/sr1

6. Lalu kita cek list usb lagi dengan ketikan : lsusb

Maka akan muncul List Usb seperti ini :

8. Lalu kita deteksi modem via wvdial yang udah kita install tadi, ketikkan perintah :

9. Kemudian edit wvdial, dengan perintah :

Kopas tulisan dibawah ini, lalu Replice ke dalam wvdial yang kita edit tadi.

Kemudian, akan muncul tampilan seperti ini, jika anda telah mengkonfigurasi dengan benar.

save and close. jangan lupa beri hak akses dengan cara ketik :

Untuk menjalankan, cukup ketikan di terminal “./smart.sh” tanpa tanda kutip.

0 komentar:

Posting Komentar